Jumat, 25 Desember 2015

Cara Penyerangan Virus Komputer







SinauKomputerOnline - Setelah kita paham tentang definisi virus komputer seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, nah saat nya kita tahu bagaimana sih metode penyerangan virus komputer kok bisa sampai mematikan,,


Cara Penyebaran Virus (ketika aktif) yang umum digunakan saat ini sebagai berikut :
• Mulai bergerilya. Pertama kali yang harus dilakukan adalah mewaspadai antivirus. Virus harus menghindar dari deteksi antivirus. Begitu ada kesempatan, virus akan melanjutkan ke proses selanjutnya. Penghindaran ini bisa dilakukan dengan cara menyembunyikan proses kerja virus, mengenkripsi sourcecode virus, ataupun dengan menggunakan cara lain. Selain itu, virus juga harus mencegah akses user ke registry editor, folder option, msconfig dan tool-tool lainya dianggap membahayakan kehidupan virus dikomputer korban.
• Mencari penanda pada suatu file. Penanda ini fungsinya untuk menandai file-file yang telah terinfeksi. Jika ternyata virus mendapati file yang belum memiliki penanda virus, maka file tersebut akan otomatis terinfeksi atau diberi tanda.
• Selanjutnya virus akan melakukan manipulasi terhadap file-file yang masuk dalam kategori target serangan, misalnya : file-file yang berekstensi *.doc, *.jpg, *.bmp, dan lain sebagainya. Manipulasi dapat berupa penyembunyian, penghapusan file asli atau perubahan yang lain tergantung dari keinginan dari sang virus maker.
Yach  itu sedikit penjelasan metode penyerangan virus, jadi setidaknya kita sudah tahu bagaimana cara kerja virus menjangkiti komputer kita. Selanjutnua kita harus mengenal terlebih dulu command prompt, Yuk ikuti terus...


Artikel Terkait